Minggu, 15 Juli 2012

Hasil Kerajinan Rotan ikut Meriahkan Harkopnas Expo


TEMANGGUNG TILUNG, FATTALA – Hasil kerajinan rotan sebagai produk unggulan Kalimantan Tengah ini ikut meriahkan pameran Harkopnas expo di tengah produk-produk unggulan daerah lain di Indonesia. Pameran Harkopnas expo yang diikuti oleh 33 propinsi di Indonesia ini menampilkan berbagai produk-produk unggulannya di arena kegiatan pameran Temanggung Tilung.

Menurut Sringawang, ketua UKM kelompok “Pahias” kota Palangka Raya mengatakan produk unggulan rotan miliknya tersebut menampilkan berbagai macam hasil kegiatan tangan dari bahan rotan, “Ada tikar, tas, vitrit (keranjang), topi, rambat, sejadah, kipas, tempat tisu dan lain-lain yang kesemuanya itu berasal dari bahan rotan seperti kulit rotan atau biasa disebut bilu dan pitrit atau biasa disebut hati rotan,” jelas Sringawang.

Sringawang mengaku, sejak berdiri UKM kelompok “Pahias” miliknya tersebut tahun 1992, ia pernah beberapa kali mengikuti pameran di propinsi lain, sebut saja jelasnya “Seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Bali. Saya itu juga rencananya nanti sekitar bulan Agustus 2012 ini akan diikutkan pada pameran tingkat internasional di Belanda.”

Di home industri miliknya tersebut juga pernah mendapat kunjungan dari ibu Wapres Yusuf Kalla, Andi Malarangen, Menpora dan juga Menteri Perindustrian yang beberapa waktu lalu untuk melihat hasil kerajinan rotan khas Kalimantan Tengah miliknya. Jelas Sri wanita yang memiliki tiga anak dan 5 cucu ini.  

Harapan di hari yang tua ini, saya bisa memberikan yang terbaik untuk hasil produk unggulan Kalteng seperti Rotan. Selain itu juga, diharapkan kepada pemerintah agar terus mengadakan pembinaan kepada generasi muda untuk bisa melestarikan budaya khas dayak seperti menganyam rotan. “Saya kalo diminta untuk mengisi dalam melatih anak-anak dalam kerajinan menganyam selalu siap. Ini agar generasinya tidak punah dan budaya menganyam terus lestari di Kalimantan Tengah,” jelas Sringawang. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB