Minggu, 15 Juli 2012

Tari Kinyah Manca Bolinga meriahkan HUT Bhayangkara ke-66


MAPOLDA, FATTALA – Usai upacara perayaan HUT Bhayangkara ke-66 yang digelar di lapangan Polda Kalteng yang dipimpin langsung oleh Gubernur Agustin Teras Narang sebagai inspektur upacara, berbagai hiburan ditampilkan dalam acara syukuran Hari Bhayangkara tahun 2012 tersebut, di lapangan Polda Kalteng, Minggu kemarin (1/7).

Hiburan yang ditampilkan pada acara syukuran tersebut, mulai dari kedatangan artis ternama Anang-Ahsanti, Kadir-Doyok dan tampilan Opera karya anak asuhan Polda Kalteng. Salah satu hiburan yang ditampilkan juga nampak terlihat Tari Kinyah Manca Bolinga asal Murung Raya yang ikut meriahkan HUT Bhayangkara ke-66 di lapangan Polda Kalteng.

Ganesha D. Silam, penata tari Kinyah Manca Bolinga saat ditemui Fattala menjelaskan, Tari Kinyah Manca Bolinga merupakan sebuah tarian yang menggambarkan kebersamaan gerak dan kekompakan dalam memainkan properti yang digunakan dalam tarian tersebut. Dasar gerak dalam tarian ini adalah permainan Talawang, Manday dan Bambu.

Ia juga menjelaskan, Kinyah Manca Bolinga diangkat dari sebuah gambaran masyarakat dayak yang ada di wilayah kabupaten Murung Raya. Kinyah Manca Bolinga yang artinya adalah permainan silat khas dayak dengan perpaduan gerak tari  kinyah.

Selain itu, jelas Ganesha, “Dengan jumlah penari 13 orang dan 6 pemusik tarian ini juga menceritakan kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan masyarakat yang gagah berani dalam berjuang membela tanah air dan membela suku serta sanak saudara mereka dari serangan musuh atau dari penjajah yang ingin menguasai atau mengganggu wilayah dan tempat tinggal mereka.”

Sampai sekarang, lanjut Ganesha, Kinyah Manca Bolinga tersebut masih dilestarikan oleh masyarakat Kabupaten Murung Raya sebagai salah satu ciri khas yang melekat dan tidak pernah  punah  dari warisan leluhur nenek moyang suku dayak siang.

“Kita ingin tarian ini tetap lestari agar tetap menjadi tarian khas dayak Kalteng dalam even-even Propinsi bahkan ke nasional. Dalam kesempatan ini juga, saya ucapkan selamat atas HUT Bhayangkara ke-66 tahun 2012 bagi Polri.” Ucap Ganesha. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB