Jumat, 20 Juli 2012

Jelang Ramadhan Masyarakat Ramai Ziarah ke Kubur


Masyarakat ramai Ziarah ke Kubur jelang Ramadhan

TJILIK RIWUT, FATTALA – Sudah menjadi tradisi bagi umat Islam menjelang masuk bulan ramadhan hampir di seluruh tempat pemakaman umum (TPU) ramai dikunjungi penziarah muslim, tak terkecuali juga di Palangka Raya. Dimana sejumlah penziarah tampak membawa sanak keluarga mengunjungi pemakaman muslim di jalan Tjilik Riwut Km.2, kamis kemarin (19/7)

Hasyim (41) warga jalan Mendawai ini mengaku bahwa ia ziarah kubur untuk mendoakan keluarga, sanak saudara dan kerabatnya yang telah meninggal dunia. “Agar dosa mereka diampuni dan pahalanya diterima di sisi Allah SWT,” jelas Hasyim sembari mengatakan bahwa untuk yang masih diberikan umur panjang sebagai pengingat bahwa semua umat manusia akan kembali kepada-Nya.

Kegiatan yang dilakukan saat ziarah kubur tersebut, tambah Hasyim, juga dimanfaatkan untuk membersihkan pemakaman keluarganya dari dedaunan pohon yang jatuh dan rumput liar. Setelah itu melakukan penyiraman kubur dengan air yang dicampur dengan bunga, “biasanya saya dapatkan bunga tersebut dari membeli bunga dilokasi kuburan,” kata Hasyim.

Pantauan Fattala di lokasi pekuburan muslim di jalan Tjilik Riwut Km.2 tersebut terlibat masyarakat muslim kota Palangka Raya membludak beramai-ramai mengunjungi pemakaman. Nampak terlihat penjual bunga di lokasi pemakaman juga kewalahan dalam melayani penziarah yang membeli bunga untuk ditempatkan pada makam sanak saudara mereka yang dikunjungi tersebut.

Mama Ijum salah satu penjual bunga di lokasi pemakaman tersebut mengatakan, “Kalau mau memasuki bulan ramadhan ini, memang tiap tahun selalu ramai dikunjungi penjiarah yang mau mendoakan dan membersihkan makam keluarganya, mereka ramai membeli bunga yang saya jual,” jelas Mama Ijum.

Ia juga menuturkan dengan mendekati masuknya bulan ramadhan dan ramainya penziarah yang datang, ia mengaku penghasilannya bertambah dan cukup untuk menghidupi keluarganya beberapa hari masuk ramadhan. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB