Rabu, 27 Juni 2012

232 Mahasiswa KKN STAIN Diberangkatkan


G.OBOS, FATTALA – Sebanyak 232 mahasiswa KKN angkatan XXV tahun ajaran 2011/2012 diberangkatkan menuju kabupaten Seruyan. Acara pelepasa, tersebut, ditandai dengan pemasangan topi KKN oleh Ketua STAIN Palangka Raya, H. Khairil Anwar diselenggarakan depan rektorat STAIN Palangka Raya. Sore kemarin (26/6).

Khairil Anwar dalam sambutannya mengatakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian integral dari kurikulum. Artinya, setiap mahasiswa wajib melaksanakan KKN sebagai wujud Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat. Maka dari itu, ia menghimbau kepada mahasiswa KKN agar dapat memanfaatkan momen tersebut sebaik-baiknya.

Selain itu, ia meminta kepada mahasiswa yang nantinya terjun ke masyarakat agar selalu menjaga nama baik almamater. “Tampilkan akhlak yang baik, buat kesan terbaik dengan kehadiran mahasiswa KKN untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Jangan sampai kehadiran mahasiswa nantinya nama STAIN dinilai oleh masyarakat tidak baik.” Jelas Khairil.

Dalam kesempatan itu juga, ia meminta kepada mahasiswa STAIN yang akan terjun ke ke lapangan, agar dapat membuat program-program yang terencana dan bermanfaat. Apalagi dalam dua bulan tersebut masuk bulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Kalau bisa, pinta Khairil, “buat program keagamaan seperti kuliah subuh, buka puasa bersama atau bahkan bisa mengolah acara peringatan Nuzulul Qur’an yang bisa mengundang pihak pemerintah Kabupaten Seruyan dan pihak pimpinan STAIN untuk bisa hadir. Itu ‘kan bisa menjadi program yang sangat bermanfaat di lokasi KKN.” Kata Khairil.

Pesannya, “Manfaatnya waktu sebaik-baiknya, berikan pengabdian sepenuhnya kepada masyarakat, jaga kekompakan kelompok dan mudah-mudahan nantinya dalam pelaksanaan KKN tersebut menjadi amal ibadah dengan diniatkan karena Allah SWT.” Harap Khairil.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia BPKKN, Ali Iskandar Zulkarnain saat dijumpai FATTALA menyampaikan bahwa awalnya mahasiswa yang terdaftar berjumlah 235 orang. Namun, karena proses seleksi terdapat 3 orang yang tidak memenuhi syarat untuk mengikuti KKN tersebut. Jadi, menurut Ali, mahasiswa KKN berangkat berjumlah 232 orang. “Mahasiswa tersebut terdiri dari beberapa Prodi yang ada di STAIN Palangka Raya.”

Pelaksanaan KKN selama dua bulan di Seruyan tersebut, jelasnya lagi, “mahasiswa akan dibagi dalam 33 kelompok di lima kecamatan. Tujuh kelompok di kecamatan Danau Seluluk, satu kelompok di kecamatan Hanau, enam kelompok di kecamatan Batu Ampar, tujuh belas kelompok di Seruyan tengah dan dua kelompok di kecamatan Seruyan Hulu.” Ucap Ali.

Ali berharap, dengan diterjunkannya mahasiswa tersebut ke masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan sebagai pengamalan agama di masyarakat. Selain itu, menjadikan agama sebagai motivasi dasar dalam berkarya dan bertindak. Harap Ali yang juga dosen STAIN Palangka Raya ini. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB