Senin, 25 Juni 2012

232 Mahasiswa STAIN Ikuti Pembekalan KKN


KAMPUS STAIN, FATTALA – Sebanyak 232 mahasiswa STAIN Palangka Raya mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XXV tahun akademik 2012/2013 di aula STAIN Palangka Raya, Minggu (24/6).

Pembekalan dimaksudkan, agar mahasiswa saat melaksanakan KKN terjun langsung ke masyarakat sudah tahu dan paham apa-apa saja yang harus dilakukan selama dua bulan di desa/kampung yang sudah ditentukan itu. jelas Syairil Fadli, ketua panitia KKN angkatan XXV tahun akademik 2012/2013.

Dijelaskannya, beberapa materi yang disampaikan dalam pembekalan KKN tersebut, seperti pendekatan masyarakat melalui bahasa agama, sistematika koordinasi antara kelompok dan Posko serta pelaksanaan program di lokasi. Ada juga teknik penyusunan program kerja posko, program kerja kelompok dan program kerja individu, serta pembuatan laporan akhir.

Selain itu juga, ucap Syairil, juga disisipkan materi sistematika pelaksanaan ibadah ramadhan dan teknis pendirian dan pengelolaan TK/TPA. Dua materi merupakan kegiatan yang sering dilakukan tiap tahun oleh mahasiswa KKN yang mencirikan hasil karya mahasiswa STAIN bernuansa keislaman.

Seperti diketahui, tambahnaya, KKN merupakan salah satu kegiatan akademik dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat yang memiliki bobot 4 SKS. STAIN Palangka Raya sebagaimana Perguruan Tinggi Negeri lainnya juga melaksanakan program KKN sebagai bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat, terangnya.

Menurutnya, tujuan KKN untuk melatih mahasiswa agar mampu memadukan pemahaman-pemahaman teoritis dengan kecakapan praktis di lapangan, memberikan pengalaman dan menumbuh kembangkan sikap cinta serta kemampuan berkarya dan beramal, membantu masyarakat agar dapat meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri.

Lanjutnya lagi, KKN juga memacu peningkatan pengetahuan dan pengamalan agama pada setiap lapisan masyarakat dan menjadikan agama sebagai motivasi dasar dalam berkarya atau bertindak, menunjang program pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan sekaligus menyiapkan kader-kader bangsa di pedesaan, serta lebih mendekatkan STAIN Palangka Raya pada masyarakat.

Sementara itu, Ali Iskandar Zulkarnain, sekretaris panitia menjelaskan, pembekalan untuk persiapan bekal mahasiswa yang sebentar lagi akan diberangkatkan. “Mereka rencananya akan berangkat hari ini, Selasa (26/6), katanya.

Ia menuturkan, adapun lokasi yang menjadi tempat KKN yakni Kabupaten Seruyan. “Mereka nanti akan ditempatkan di beberapa kecamatan, seperti kecamatan Danau Seluluk, kecamatan batu Ampar, kecamatan Seruyan Tengah dan Seruyan Hulu.” muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB