Minggu, 24 Juni 2012

PBA Gelar Workshop Bahasa Arab


KAMPUS STAIN, FATTALA - Dalam rangka pengembangan Program Studi dan bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang akademik, Tadris Bahasa Arab (TBA) STAIN Palangka Raya menggelar workshop yang bertempat di aula Perpustakaan STAIN Palangka Raya, Sabtu kemarin (9/6).

Kegiatan yang bertemakan “Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Arab” tersebut mengundang pemateri dari dosen Universitas Muhammadiyah Malang, Drs. Abdul Haris, MA. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 Wib itu, dibuka PK III STAIN Palangka Raya, Hj. Hamdanah.

Disela pembukaan, Hamdanah mengharapkan workshop tersebut tidak hanya digelar sebagai seremonial agenda rutin tahunan saja. “Saya berharap workshop ini, dapat menghasilkan dan menambah pengalaman baru bagi dosen dan guru bahasa Arab, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di kampus dan sekolahnya masing-masing.” jelas Hamdanah.  

Sementara itu, menurut Ahmadi, ketua prodi TBA yang juga ketua panitia kegiatan, dalam acara ini kita ingin berbagi pengalaman, sharing dan tukar informasi tentang bagaimana seharusnya memberikan pengajaran bahasa Arab kepada peserta didik agar tetap menyenangkan, mudah dipahami dan diterima dengan baik oleh peserta didik.” jelas Ahmadi.

Selain itu, ia juga menuturkan tema dalam pembuatan bahan ajar tersebut, diharapkan agar peserta yang mengikuti kegiatan lebih matang dalam merencanakan pembelajaran atau sesuatu yang direncanakan, serta menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik.

“Peluangnya keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Arab akan lebih besar, apabila seorang guru terlebih dahulu dapat merencanakan pembuatan bahan ajar yang menyesuaikan dengan kurikulum yang sudah ditetapkan.” kata Ahmadi.

Lanjutnya, dalam pembelajaran Bahasa Arab, rencana harus dipersiapkan dengan matang. Penjabaran Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus sudah harus disiapkan sebelum mengajar. Tidak ketinggalan Rancangan Penilaian Hasil Belajar juga harus dipersiapkan.

Semua itu, tambah Ahmadi, guru merasa lebih nyaman ketika mengajar. Perkiraan-perkiraan yang akan terjadi dalam proses pengajaran sudah diprediksi sejak awal, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka bisa diminimalisir sedini mungkin. kata Dosen STAIN yang juga aktif dalam kegiatan kemasyarakatan ini.

Seperti diketahui, sebanyak 50 peserta yang ikut dalam kegiatan workshop bahasa Arab tahun 2012 ini, peserta tersebut berasal dari dosen-dosen STAIN Palangka Raya dan juga guru-guru bahasa Arab se-kota Palangka Raya. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB