Minggu, 24 Juni 2012

HMJ DAKWAH GELAR SEMINAR REGIONAL


DINAMIKA KOMUNIKASI POLITIK DI ERA NEW MEDIA

GEORGE OBOS, FATTALA - Dalam dunia politik, peranan media merupakan salah satu unsur penting dalam penyampaian pesan atau pemberian informasi selain itu memperoleh dukungan dan kerjasama dalam kepentingan politik. Pentingnya pembahasan mengenai dinamika komunikasi politik di tengah era new media adalah demi pengetahuan masyarakat secara umum untuk mengerti literasi politik (melek politik). Demikian dikatakan Rapiqi Mahdi, ketua Panitia pada seminar regional yang mengangkat Tema “Dinamika Komunikasi Politik di Era New Media”, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Dakwah STAIN Palangka Raya bekerjasama dengan Komunitas Studi Politik, Agama, dan Sosial (KuPaS) bertempat di aula STAIN Palangka Raya, Kamis kemarin (14/6).

Rapiqi menambahkan, Tujuan kegiatan tersebut dalam rangka untuk membahas mengenai permasalahan good governance terkait dengan perkembangan media dan membahas tentang peranan media terhadap masyarakat untuk literasi politik.

Sementara, Rahmaniar, ketua jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya dalam sambutannya mengungkapkan perasaan senang, bahagia dan berbangga karena HMJ Dakwah dengan semangat dan kerja keras mampu menyelenggarakan kegiatan seminar regional dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Dikatakan, Rahmaniar, Seminar regional ini merupakan wujud antusiasmu intelektual mahasiswa dalam mencermati dan merespon dinamika politik Indonesia kontemporer, utamanya dalam bidang komunikasi politik. Belakang ini, wajah dunia politik Indonesia ibarat nano-nano, penuh warna. Kehadiran media baru turut serta menghadirkan nuansa tersendiri dalam bidang komunikasi politik.

Selain itu, jelas Rahmaniar, media baru juga telah memberi ruang bagi partisipasi publik dalam upaya mewujudkan apa yang disebut dengan clean and good governance. Oleh karena itu, ucapnya, “Hemat saya seminar ini memiliki urgensinya terutama dalam upaya membangun literasi politik masyarakat Indonesia secara umum dan masyarakat Kalimantan Tengah khususnya.”

“Seminar regional ini juga merupakan bagian penting dalam upaya membangun citra untuk jurusan Dakwah dalam masyarakat yang selama ini selalu diidentikan dengan jurusan “halo-halo” dan berceramah agama.” Tambahnya.

Ke depan, harap Rahmaniar, Jurusan Dakwah agar bisa lebih eksis, berkontribusi positif dalam mewujudkan pembangunan di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila dengan semangatnya Isen Mulang serta mendapat apresiasi positif di hati masyarakat.

Hadir sebagai nara sumber pada seminar regional itu, Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si selaku Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan H.M. Riban Satia, M.Si selaku Walikota Palangka Raya. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diperkirakan 250 orang yang berasal dari masyarakat umum, mahasiswa dan rekan pers. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB