Minggu, 24 Juni 2012

RT BERPERAN PENTING DALAM MEMBINA MASYARAKAT


JEKAN RAYA, FATTALA – Peran RT/RW merupakan ujung tombak pemerintah yang bertanggung jawab dan berperan penting dalam membina masyarakat serta diberi kewenangan untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan keindahan di lingkungannya masing-masing.

Demikian dinyatakan Walikota Palangka Raya, H.M. Riban Satia, dalam acara pembinaan Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, RW/RT serta tokoh adat se-Kecamatan Jekan Raya yang bertempat di Aula pertemuan kantor Kecamatan Jekan Raya, Kamis kemarin (7/6).

Kegiatan yang diselenggarakan sejak pukul 08.30 WIB itu dihadiri oleh ratusan orang dari seluruh ketua RT, RW dan tokoh adat se-Kecamatan Jekan Raya. Acara tersebut merupakan salah satu program tahunan dari Kecamatan Jekan Raya dalam pembinaan kepada masyarakat khususnya ketua RT/RW.

Camat Jekan Raya, Sabirin Muhtar, saat diwawancarai FATTALA di sela-sela kegiatan menuturkan bahwa RT mempunyai peranan yang sangat besar dan strategis dalam masyarakat baik masalah pemerintahan tingkat RT/RW, pembinaan pemasyarakatan dan khusus pembinaan pembangunan di lingkungannya.

Jadi, tutur Sabirin, “Keberadaan RT dan RW ini betul-betul membantu pemerintah dalam hal masalah-masalah pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan. Dengan adanya peran RT/RW ini paling tidak dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang nyaman, tentram dan aman.

Makanya, dengan menyelenggarakan kegiatan tersebut, tambah Sabirin, agar setiap ketua RT/RW di lingkungan Kecamatan Jekan Raya kota Palangka Raya mampu lebih mendalami fungsi dan perannya dalam menjalankan pemerintahan di tingkat bawah.

Pada acara pembinaan Pemerintah Kecamatan itu, juga dibuka seisi dialog terkait dengan pelayanan pemerintah kepada masyarakat seperti pelayanan e-KTP, permasalahan tanah dan pembinaan kepada RW/RT dalam melakukan pelaporan program kerja kemasyarakatan di lingkungan RT/RW masing-masing bersama dengan narasumber yang kompeten seperti kepala BPN kota Palangka Raya, Asisten I kota Palangka Raya, Kadis Kependudukan dan Catatan sipil serta Kabag administrasi pemerintahan umum Setda kota Palangka Raya.

Suasana dalam dialog tersebut mulai terlihat aktif saat beberapa ketua RT mengacungkan tangan untuk bertanya terkait permasalahan-permasalahan di lapangan yang dihadapi pahlawan pemerintah di tingkat bawah ini. Terlihat juga salah satu RT bahkan sempat protes dengan kebijakan yang dikeluarkan bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda kota Palangka Raya yang mengatakan ketua RT akan ditunda penerimaan insentifnya apabila belum menyerahkan LPJ. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB