Rabu, 16 Mei 2012

Karang Taruna Diminta Ikut Serta Cegah HIV/AIDS


BAPELKES, FATTALA – Walikota Palangka Raya melalui Kepala Dinas Sosial minta kepada pemuda melalui Karang Taruna agar berperan aktif membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di kota Palangka Raya.

Demikian pesan yang disampaikan dalam acara Pertemuan dan Pembentukan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) bagi Karang Taruna Palangka Raya oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kota Palangka Raya Senin (7/5) kemarin di Aula Balai Pelayanan Kesehatan Propinsi Kalimantan Tengah.

Acara yang diselenggarakan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial kota Palangka Raya Drs. Supriyanto yang mewakili Walikota Palangka Raya. Peserta dalam kegiatan tersebut berasal dari pengurus Karang Taruna kota Palangka raya dan perwakilan pengurus karang taruna yang ada di tingkat kelurahan daerah kota Palangka raya.

Menurut Supriyanto, pertemuan dan pembentukan KDS ini agar tersedianya wadah atau forum komunikasi untuk saling mendukung terjadinya perubahan perilaku sehat dan terhindar dari bahaya penularan HIV dan AIDS. Selain itu ungkap Suprianto, “Agar para pemuda yang tergabung dalam karang taruna dapat ambil bagian untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di kota Palangka Raya”. ucap Kepala Dinas Sosial ini kepada FATTALA.

Adam Marsel selaku ketua Karang Taruna kota Palangka Raya menyambut baik maksud dan tujuan yang diselenggarakan oleh KPA kota Palangka Raya ini. Dalam sambutannya Adam Marsel menyampaikan bahwa dengan dibentuknya KDS di tiap-tiap kelurahan melalui karang taruna ini diharapkan mampu menghimpun pemuda-pemuda untuk bisa berdiskusi, memberi informasi tentang bagaimana cara pencegahan dan penanggulangan serta pengarahan tentang bahaya HIV/AIDS.

Selain itu, ucap Adam Marsel “Apabila nanti di lapangan, KDS yang dibentuk ini menemukan ada pemuda atau warga yang terindikasi terkena HIV dan AIDS, tugas KDS ini juga mengadakan pendampingan dan mengarahkan kepada pihak pemerintah yang terkait dengan hal tersebut”, Ujarnya.

Sementara Lembung D. Atuk selaku sekretaris I KPA kota Palangka Raya dalam sambutannya menyampaikan maksud diadakannya pertemuan dan sekaligus pembentukan KDS bagi Karang Taruna Palangka Raya ini untuk meningkatkan pengetahuan kelompok pemuda khususnya karang taruna tentang bahaya HIV dan AIDS dalam kaitannya dengan perubahan perilaku hidup sehat tanpa resiko dan menyediakan wadah bagi pemuda untuk ikut serta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS. (muy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB