Jumat, 25 Mei 2012

DPD RI Ikut Meriahkan Kalteng Expo


Stand DPD RI dalam rangka ikut memeriahkan HUT Kalteng ke-55
 pada Festival Budaya Isen Mulang tahun 2012 

TEMANGGUNG TILUNG, FATTALA  - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) perwakilan Kalimantan Tengah ikut berpartisipasi dalam Festival Budaya Isen Mulang tahun 2012 dalam rangka memeriahkan  peringatan HUT Kalteng  ke-55.

Partisipasi tersebut dengan membuat stand pameran yang bertujuan untuk mensosialisasikan  DPD RI kepada masyarakat Kalimantan Tengah.
Salah seorang staf khusus anggota DPD RI perwakilan Kalteng, Rano Rahman kepada Fattala kemaren mengungkapkan, desain stand keikutsertaan lembaga ini pada FBIM 2012 selain ikut memeriahkan HUT Kalteng ke-55, juga sebagai bentuk sosialisasi fungsi DPD RI khususnya bagi masyarakat Kalimantan Tengah.

“Sejauh ini keberadaan fungsi DPD RI masih banyak belum diketahui masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah, makanya kami berusaha melalui Festival Budaya Isen Mulang ini untuk mensosialisasikannya,” kata Rano.

Dijelaskan Rano, DPD RI  merupakan lembaga legislatif dalam sistem tata negara Republik Indonesia yang pertama kali dibentuk pada tahun 2004 dimana setiap provinsi memiliki empat orang wakil yang dipilih secara langsung melalui pemilihan umum.
DPD merupakan parlemen nasional yang mewakili daerah dan bersidang di ibukota negara dalam kerangka menampung aspirasi masyarakat dan daerah. Adapun perwakilan DPD RI untuk Kalteng ada empat orang yaitu, Hj. Permanasari, H. Hamdani, H. Said Akhmad Fawzy Zain Bahsin  serta Pdt. Rugas Binti,”terangnya.

Lebih jauh dikatakan, DPD RI  ini mempunyai visi terwujudnya DPD RI sebagai lembaga legislatif dalam sistem tata negara Indonesia yang kuat dan efektif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah menuju masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkesetaraan, berkeadilan, dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mantan Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya ini menambahkan, dalam menjalankan tugasnya DPD memiliki alat kelengkapan seperti pimpinan yang merupakan satu kesatuan pimpinan yang bersifat kolektif Kolegial, Panmus, Komite I - IV, Panitia Perancang Undang - Undang (PPUU), Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT), Badan kehormatan (BK), Panitia Akuntabilitas Publik (PAP), Panitia Hubungan Antar Lembaga (PHAL) dan Pimpinan Kelompok DPD di MPR sebagai alat kelengkapan MPR. 


“Diharapkan
kehadiran stand DPD RI pada FBIM tahun 2012 ini banyak mendapat kunjungan dari masyarakat Kalimantan Tengah. Biar mereka tau dan mengerti fungsi dan wewenang anggota DPD RI yang mereka pilih pada pemilihan umum beberapa tahun yang lalu. Bagi yang mau mampir ke stand DPD RI, kami juga sudah menyiapkan cindera mata sebagai oleh-oleh dari DPD RI untuk masyarakat Kalimantan Tengah,” pungkasnya. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB