Kamis, 28 November 2013

Jadi Sarjana Jangan Hanya Berpikir “PNS Only”



PALANGKA RAYA -
Sebanyak 206 mahasiswa STAIN Palangka Raya diwisuda. Pelaksanaan prosesi wisuda berlangsung hikmat dan meriah bertempat di aula baru, Kamis (27/11).

Dihadapan ratusan wisudawan/wisudawati dan para anggota senat, Ketua STAIN Palangka Raya Dr. Ibnu Elmi AS Pelu mengatakan acara wisuda bagi sebuah perguruan tinggi sesungguhnya bukanlah sekedar acara seremonial, tetapi merupakan “penggenapan dari suatu visi dan misi perguruan tinggi termasuk STAIN Palangka Raya untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang diharapkan mampu beradaptasi di era perubahan dan tantangan zaman baik di era pengetahuan, teknologi maupun transformasi budaya yang multicultural di masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut Ibnu, lulusan kampus hijau ini diharapkan harus siap meningkatkan profesionalisme dan entrepreneurship dalam era pengetahuan. “Saya sangat mengharapkan mulai saat ini mulailah merubah paradigma berpikir dalam melakukan pengembangan profesi yakni “PNS Only”. Mulai sekarang tidak perlu lagi alergi berbicara tentang dunia entrepreneurship,” katanya.

Ditambahkannya, Wisudawan dan wisudawati yang terpelajar, profesi pemimpin sejak dulu merupakan profesi yang sangat dibutuhkan masyarakat dan profesi ini sangat mulia apabila lulusan kampus ini mampu mempertahankan jati diri sebagai agent of change yang handal, suka menolong, santun serta menjalankan tugas secara profesional dan bertanggung jawab dalam meningkatkan eksistensi profesi di tengah masyarakat.

Terkait gelar profesional yang sudah didapatkan, kami berupaya untuk mensosialisasikan bidang keilmuan saudara-saudara kepada instansi-instansi terkait baik di lembaga-lembaga tingkat provinsi, terlebih lagi di lembaga-lembaga tingkat kota dan kabupaten, serta termasuk pula perlu kami sosialisasikan kepada masyarakat secara luas.

Hal ini perlu dilakukan karena ijazah yang saudara miliki diakui sah oleh negara dan memiliki kedudukan yang sama dengan ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Untuk meningkatkan daya saing dan  kualitas pendidikan di lembaga ini, STAIN Palangka Raya mencoba meramu berbagai kompetensi yang ada di semua lini baik kompetensi yang dimiliki oleh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan yang memang diharapkan dapat bersama-sama mencetak sumber daya manusia yang handal yang tentunya dapat secara langsung maupun tidak langsung membantu pemerintah daerah membangun Kalimantan Tengah lebih baik.

Sejak kepemimpinan kami selama 1 tahun 3 bulan ini, STAIN Palangka Raya telah memiliki program Pascasarjana sebagai upaya untuk menyahuti keinginan alumni dengan harapan agar dapat lebih mengembangkan ilmu pengetahuan yang saudara peroleh baik di tempat kerja saudara ataupun di masyarakat atau bisa juga untuk menjadi tenaga yang profesional, bahkan dapat mengabdikan ilmu dan dirinya kembali ke STAIN Palangka Raya dimana saudara-saudara sebagai pelanjut generasi ilmu pengetahuan di lembaga perguruan tinggi ini. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB