Kamis, 16 April 2015

PEMADAMAN PLN 2 KECAMATAN TIDAK JELAS




KATINGAN –
Pemadaman Perusahaan Litrik Negara (PLN) di Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai Kabupaten Katingan dinilai warga setempat tidak jelas, dampaknya perekonomian di dua kecamatan ini lumpuh.

Pemadaman listrik seperti di Kecamatan Katingan Kuala, faktanya telah terjadi pemadaman listrik sampai lima hari dalam seminggu. Begitu pula yang terjadi di Kecamatan Mendawai, sampai 3 atau lebih terjadi pemadaman listrik dalam seminggu.

Hal itu tentu saja membuat warga di dua kecamatan ini gerah dan kesal atas ketidak jelasnya pemadaman listrik tersebut. Kepala BPD Jaya Makmur, Suwito menilai pemadaman listrik di 2 kecamatan ini sudah dalam kategori tidak wajar. Menurutnya, harusnya PLN memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya, ini malah banyak menimbulkan masalah yang muncul seperti kesulitan perekonomian warga sekitar.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Desa Jaya Makmur, Ahmad Wahyudi yang warganya masuk PLN di wilayah Kecamatan Mendawai. Ia banyak mendapatkan keluhan dari warganya terkait sulitnya pengembangan usaha yang bergantung listrik. Apalagi di wilayah binaannya, masyarakat saat ini memasuki musim panen yang memerlukan penerangan listrik.

Keluhan yang sama juga dialami oleh Kepala Sekolah SMPN 4 Katingan Kuala, Moh. Anis Romzi, ia mengeluhkan akibat dari pemadaman listrik yang tidak jelas berdampak pada dunia pendidikan.

“Kita saat ini menghadapi Ujian Sekolah dan sebentar lagi menghadapi Ujian Nasional tentunya banyak operasional sekolah yang memerlukan listrik, kalau pemadaman listrik tidak jelas sampai kapan, bisa berdampak tidak baik dalam dunia pendidikan,” ungkap Anis Romzi di ruang kerjanya, Selasa (7/4).

Ketika dikonfirmasi dengan pihak PLN Kecamatan Mendawai, pihaknya mengaku terjadinya pemadaman listrik akibat adanya kerusakan mesin yang berskala besar. “Saat ini mesin kita mengalami kerusakan, jadi belum bisa hidup normal, kita juga sudah mengupayakan pergantian alat, namun alatnya belum datang,” dalih Koordinator Operasional, Mukar.

Begitu juga yang diungkapkan Koordinator PLN Kecamatan Katingan Kuala, Saidi. Ia berdalih terjadinya pemadaman listrik akibat terjadinya kerusakan mesin besar. Sehingga tidak tahu sampai kapan mesin berangsur normal.

Seperti diketahui, PLN Kecamatan Katingan Kuala memerangi beberapa kelurahan dan desa, seperti Kelurahan Pegatan Hilir, Kelurahan Pegatan Hulu, Desa Kampung Keramat dan Desa Kampung Tengah. Sedangkan wilayah Kecamatan Mendawai membawahi Desa Mekar Tani, Desa Mendawai, Teluk Sebulu, Setia Mulia, Kampung Baru, Bangun Jaya, Singam Raya, Bumi Subur, Subur Indah dan Jaya Makmur.

Pihak warga berharap, pemadaman listrik ini bisa segera dipikirkan dan ditindaklanjuti oleh pihak terkait, sehingga perekonomian, pendidikan dan Kesehatan bisa berjalan normal. MUY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB